BeritaDaerah

Workshop PKB Pokja 99 Brondong Meningkatkan Kualitas Guru dalam Literasi dan Kurikulum Merdeka

1 Mins read

SEJUK.ID – Kelompok Kerja (Pokja) 99 Brondong telah sukses menggelar Workshop Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan tema “Literasi” di MI Al-Fatah Sidomukti Kecamatan Brondong pada tanggal 8, 9, dan 15 Oktober 2023. Acara ini diikuti oleh 15 guru dari berbagai lembaga MI di seantero Kecamatan Brondong, Jawa Timur.

Workshop PKB yang diadakan oleh Pokja 99 Brondong ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru di wilayah tersebut. Materi yang disajikan mencakup beragam aspek penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam penerapan literasi di kelas implementasi kurikulum merdeka.

Fasilitator Daerah (Fasda) dalam acara ini adalah Saeful Rohim, S.Pd, M.Pd. Saeful Rohim menjadi narasumber pertama yang memberikan pemahaman mendalam tentang literasi. Ia menjelaskan apa itu literasi, mengapa literasi sangat penting dalam proses belajar-mengajar, strategi pembelajaran literasi untuk kelas kecil dan besar, serta bagaimana menciptakan kelas dan lingkungan Madrasah yang literat. Selain itu, Saeful Rohim juga membahas pentingnya Alur Tujuan Pembelajaran (AT) dan kegiatan refleksi dalam konteks literasi.

H.M. Nawawi Syahid, S.Ag, M.Ag, adalah narasumber kedua dalam workshop ini. Ia memfokuskan materinya pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Nawawi Syahid menjelaskan berbagai aspek yang berkaitan dengan regulasi IKM, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Prota dan Promes Kurikulum Merdeka, serta penggunaan modul ajar dalam proses belajar-mengajar.

Dua peserta workshop, yaitu Marmulik Hidayah, S.Pd dari MI Muhammadiyah 09 Labuhan, dan Su’udi, S.Pd dari MIS Ma’arif Cumpleng, merasa sangat bersyukur karena mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara ini. Mereka merasa bahwa workshop PKB ini sangat bermanfaat bagi pengembangan profesionalisme dan peningkatan kualitas sebagai guru. Ilmu yang diperoleh dari workshop ini akan mereka terapkan dengan sebaik-baiknya di lembaga masing-masing, sehingga akan berdampak positif pada proses belajar-mengajar di MI tempat mereka mengajar.

Harapan besar terletak pada kelanjutan kegiatan semacam ini, yang diharapkan akan diselenggarakan secara berkala untuk guru-guru di seluruh Kecamatan Brondong. Hal ini diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalisme guru, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat besar bagi perkembangan pendidikan di wilayah ini.

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh melalui Workshop PKB, para guru siap menghadapi tantangan dan memberikan yang terbaik untuk perkembangan peserta didik mereka. (*)

Reporter Ma’in. Editor Fathan Faris Saputro.

685 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Dosen UMLA Luncurkan Buku Model Pendidikan Karakter Al-Islam dan Kemuhammadiyaaan Berbasis Keterampilan 4C

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Kontribusi Lazismu dalam Beasiswa untuk Warga Palestina

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    DPD IMM Kaltim Beraksi: Mengampanyekan Keselamatan di Bekas Tambang untuk Cegah Tragedi Kecelakaan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *