BeritaDaerah

Siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok Lakukan Pemberdayaan di TPQ Al Hukama

2 Mins read

Sejuk.ID Sebanyak 20 peserta didik kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 4 Depok melakukan pemberdayaan masyarakat kepada anak-anak di TPQ Al Hukama. Kegiatan pemberdayaan ini merupakan salah satu rangkaian dalam pengasan mata pelajaran sosiologi. Kegiatan ini didampingi oleh guru mata pelajaran sosiologi, Riana Dwi Nandita, S,Pd. Menurut Riana, dalam kegiatan pemberdayaan itu, peserta didik SMAM 4 Depok memberikan pengajaran bahasa inggris dan keterampilan.

“Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat sekitar, orang tua, dan pengajar TPQ,” ungkapnya, Ahad (19/2). Selain itu, Riana menjelaskan, anak-anak TPQ Al Hukama juga merasa senang dengan adanya kakak-kakak dari SMAM 4 Depok yang memberikan pengajaran dengan penuh keceriaan dan canda tawa.

Kegiatan pemberdayaan ini dilaksanakan secara rutin setiap Selasa dan Kamis pukul 16.00-17.00 dan berlangsung selama tiga pekan, mulai tanggal 24 Januari sampai dengan 13 Februari 2023. “Pemberdayaan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada TPQ Al Hukama dan para orang tua peserta didik selama pengajaran yang diberikan oleh peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Depok,” ucap dia, Ahad (19/2).

Selain itu, Riana menjelaskan, kegiatan semacam ini juga penting karena dapat menambah pengalaman dan kecakapan yang nantinya berguna baik untuk pemberdaya maupun anak-anak TPQ.

Memberi Pengalaman Siswa

Ketua TPQ Al-Hukama, Erni, mengungkapkan pihaknya merasa senang dan terbantu dengan kehadiran siswa-siswi SMAM 4 Muhammadiyah Depok dalam pengabdian ini. “Selama satu bulan anak SMA Muhammadiyah 4 melakukan pengabdian masyarakat di TPQ AlHukama anak-anak TPQ senang dan guru-guru juga merasa terbantu. Semoga program seperti ini bisa terus berlanjut, anak-anak SMAM selalu diberi kesuksesan ke depannya, dan bisa menjadi para pemimpin yang berguna bagi agama, masyarakat, bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, pengajar TPQ Al-Hukama, Eka, mengungkapkan program pemberdayaan ini keren karena anak-anak SMA berani turun langsung untuk
mengajar anak-anak TPQ dengan usia yang beragam. Dengan pemberdayaan ini, kata dia, anak-anak TPQ jadi mendapat ilmu dan pengalaman baru yang seru dan tentunya sangat berkesan bagi mereka.
“Semoga pemberdayaan kemarin berkesan bagi kakak-kakak pengajar dan bisa menjadi pengalaman baru. Semoga semuanya selalu dilancarkan dalam menuntut ilmu dan menyelesaikan studinya,” ujar dia.

Pengajar TPQ Al-Hukama lainnya, Ida, merasa bangga dengan program ini. “Saya sangat senang dan bangga karena bisa kenal dengan siswa/i SMAM 4 yang sangat sabar dalam mengadapi para santri TPQ Al-Hukama. Semoga ilmu yan diberikan dapat berguna,” ungkapnya.
Dia juga berpesan agar para siswa dapat terus meningkatkan cara penyampaian materi pembelajarannya. “Semoga siswa/i SMAM 4 semua sukses untuk ke depannya” ujarnya.

Siswa kelas XII 12 IPS yang menjadi pengajar TPQ dalam pemberdayaan ini, Danu, mengungkapkan bahwa dirinya mendapat banyak kenangan indah dan kesan yang membanggakan. “Suatu kebanggaan bagi saya bisa menjadi pengajar untuk anal-anak TPQ Al-Hukama. Dari pemberdayaan ini saya dapat belajar banyak tentang kesabaran, kesabaran dalam menghadapi anakanak yang sifat dan tingkah lakunya beragam. Meskipun lelah tetapi ketika anak-anak terlihat aktif dan
antusias semuanya terbayarkan,” ungkapnya.

Dia juga berpesan agar terus belajar bagaimana cara mendidik anak-anak dengan maksimal dan mengembangkan metode-metode pembelajaran yang menarik supaya anak-anak tidak cepat bosan. “Jangan pernah berhenti untuk mengabdi di masyarakat karena itu dapat menjadi salah satu pintu kesuksesan di masa yang akan datang,” pungkasnya. (*)

614 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Jelang Pemilihan, HMJ PAI Unismuh Gelar Debat Kandidat Terbuka Calon Ketua Umum dan Wakil Ketua

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    IMM FAI Unismuh Sukses Lanjutkan Kembali Maritime di Pulau Takalar

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *