BeritaDaerah

Lazismu Kabupaten Nganjuk dan Mahasiswa PPZ IAIN Kediri Gelar Kegiatan Gebyar Anak Hebat

3 Mins read

Sejuk.IDLembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Nganjuk dan Mahasiswa Praktek Pengelolaan Ziswaf (PPZ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri menyelenggarakan kegiatan Gebyar Anak Hebat dengan mengadakan kegiatan perlombaan lato-lato, lomba mewarnai dan santunan kepada anak yatim piatu pada hari Ahad, (19/02/2023) yang berlangsung di Alun-alun Kabupaten Nganjuk.

Dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh Plt. Bupati Kabupaten Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E., S.H., M.M., MBA. beserta istrinya dan ada juga perwakilan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Nganjuk Sumitro, S.Pd, Ketua Lazismu Kabupaten Nganjuk Juwari, S.Pd, Direktur RSI Aisyiyah Kabupaten Nganjuk Agus Pribadi, M.M, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Nganjuk, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) IAIN Kediri Arief Nur Rohman, M.Pd. Serta beberapa jajaran Ortom Kabupaten Nganjuk yakni dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Hizbul Wathan (HW), Tapak Suci (TS) Kabupaten Nganjuk yang ikut berpatisipasi dalam kegiatan tersebut.

Ferry Rahmad Wicaksono atau biasa disapa Ferry menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini. “Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan Ridho Allah SWT dengan membantu anak hebat yang kurang mampu dan anak yatim piatu. Serta dengan adanya kegiatan ini kita mampu melaksanakan perintah Allah SWT yang sudah tertulis di dalam Surah Al-Ma’un ayat 1-3,” ungkapnya.

Ferry pun menambahkan, “Harapan saya setelah diadakannya kegiatan ini, semoga lebih banyak lagi masyarakat yang peduli terhadap anak yatim atau piatu yang kurang mampu di sekitar kita dengan kegiatan yang lebih semarak dan meriah lagi,” imbuhnya.

Bapak Juwari, S.Pd. selaku Ketua Umum Lazismu Kabupaten Nganjuk menyampaikan dalam sambutannya. “Kegiatan ini terkemas dengan kerja sama antara Lazismu Kabupaten Nganjuk bersama mahasiswa PPZ IAIN Kediri, dengan berbagi pengalaman dari kegiatan Infaq shodaqah. Dan alhamduliliah kami bisa mengadakan kegiatan seperti ini dan semoga kedepannya bisa menjadi langkah baru dalam membangun spirit yang baru,” ujarnya.

Beliau juga mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran Ortom Kabupaten Nganjuk yang telah membantu dalam menyemarakkan kegiatan ini.
“Dan kami segenap panitia kegiatan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak terkait, khususnya ortom Kabupaten Nganjuk yang telah membantu dalam mensukseskan kegiatan ini. Tak lupa, kami sampaikan terima kasih kepada RSI Aisyiyah Nganjuk yang telah menjadi sponsor tunggal dalam acara ini. Dan ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa dalam program PPZ IAIN Kediri yang telah mengkonsep kegiatan yang bermanfaat bagi sesama,” imbuhnya.

Sambutan selanjutnya diberikan oleh Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E., S.H., M.M., MBA. Selaku Plt. Bupati Kabupaten Nganjuk. Beliau menyampaikan bahwa, “Kabupaten nganjuk mempunyai anak-anak hebat dengan kualitas SDM yang unggul. Saya berharap kedepannya nanti anak-anak di Kabupaten Nganjuk bisa menjadi anak hebat yang memiliki kepribadian tangguh,” ungkapnya.

Dalam rangkaian kegiatan acara tersebut Plt. Bupati Kabupaten Nganjuk juga mendapatkan kesempatan untuk memberikan penghargaan yang diserahkan langsung kepada Direktur Rumah Sakit Islam (RSI) Aisyiyah Kabupaten Nganjuk yang telah menjadi sponsor tunggal dalam acara Gebyar Anak Hebat ini.

Beliau juga memberikan nasihat kepada anak-anak yang mengikuti kegiatan ini. “Anak anak hebat dimulai dari mental juara. Karena anak yang bermental juara ini tidak pernah merasa gagal, kecuali dia berhenti untuk mencoba. Karena, sesuai dengan slogan Nganjuk Bangkit yang memiliki semangat tinggi dan menjadi anak yang tangguh dan bermental kuat. Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat Nganjuk bisa menjadikan putra-putrinya untuk menjadi warga negara yang tangguh untuk masa depan yang lebih baik,” tuturnya.

Ferry sebagai perwakilan Mahasiswa PPZ IAIN Kediri menyampaikan kesan dan pesannya setelah diadakannya kegiatan ini. “Kesan saya setelah melaksanakan proses magang di Lazismu Kabupaten Nganjuk dan selesai melaksanakan kegiatan ini yaitu saya mendapatkan berbagai pengalaman yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Dan juga saya bisa mendapat pelajaran hidup yang sangat berarti bagi saya dan teman-teman PPZ IAIN Kediri,” ungkapnya.

“Untuk seluruh jajaran Ortom Kabupaten Nganjuk, jangan pernah berhenti untuk berbuat kebaikan. Meskipun kebaikanmu tidak pernah dihargai, akan tetapi jangan pernah menjadikan kebaikan sebagai alasan untuk berbuat kejahatan serta jangan pernah melupakan orang yang ada disekitarmu,” tuturnya.

Dia pun menambahkan, “Semoga dengan terselenggaranya kegiatan sosial ini nantinya dapat memberikan senyuman kepada anak-anak yatim atau piatu serta mampu menjadikan semangat baru bagi mereka yang lebih membutuhkan,” imbuhnya.

Sejumlah 90 anak yatim atau piatu usia TK dan SD turut hadir dalam mengikuti perlombaan lato-lato dan lomba mewarnai. Dan diambil juara 1, 2 dan 3 dalam setiap lomba tersebut serta mendapatkan hadiah berupa penghargaan dan sertifikat. Serta ada juga beberapa hadiah menarik yang diberikan kepada peserta yang bisa menjawab quiz dari pihak panitia. Setelah pelaksanaan lomba juga dilanjutkan dengan santunan kepada 90 anak yatim piatu dari berbagai daerah di Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kasih sayang kepada anak-anak yatim atau piatu agar mereka dapat merasakan kebahagiaan dan kegembiraan serta tetap semangat dalam menjalani kehidupan dan bisa menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah.

Reporter : Septi Sartika