BeritaDaerah

Seminar Pengasuhan SMPM 4 Jakarta, Orang Tua Harus Jadi Teman Anak

1 Mins read

Sejuk.IDSMP Muhammadiyah 4 Jakarta menggelar seminar pengasuhan (parenting) dengan tema “Sudah Baikkah Komunikasi Kita dengan Sang Buah Hati?” pada 20 Mei 2023. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama dengan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) 4 Jakarta.

Seminar ini menghadirkan narasumber Ustaz Fauzil Adhim yang berbicara tentang parenting. Ustaz Fauzil Adhim mengatakan, Indonesia disebut menjadi negara fatherless ketiga di dunia, artinya banyak anak yang kehilangan sosok ayah dalam hidupnya.

“Hal ini berdampak dalam kehidupan anak, padahal yang bertugas mendidik anak utama adalah seorang ayah, itu pun telah diisyaratkan dalam Al-Quran: Wahai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka (QS. At-Tahrim: 6),” ujarnya.

Maka dari itu, Ustaz Fauzil melanjutkan, untuk bisa menjaga anak dari api neraka, orang tua harus membentuk keluarga yang menjadikan rumah sebagai tempat yang nyaman untuk segala aktivitas, agar tidak mudah tergoda dengan ujian yang ada di luar.

“Orang tua juga harus menjadikan anak sebagai teman agar anak senantiasa bisa bercerita terhadap orang tua, barulah setelah itu bekali anak dengan ilmu yang bermanfaat, membimbing agar anak memiliki akhlak yang mulia, selalu mengajak dalam ketaatan kepada Allah SWT, dan menjauhkan kelurga dari berbuat maksiat,” ungkap Ustaz Fauzil Adhim yang juga penulis buku Positive Parenting tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMP Muhammadiyah 4 Jakarta Ledung Sutarno, S.Pd., M.M. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh SMP Muhammadiyah 4 Jakarta agar terciptanya iklim pembelajar, tidak hanya untuk murid, tetapi juga orang tua dan guru.

“Kegiatan ini berjalan dengan baik, para peserta antusias mendengar paparan yang disampaikan oleh narasumber. Selain itu, banyak pertanyaan yang diberikan peserta dapat terlihat masih banyaknya orang tua yang bingung dalam berkomunikasi dengan anak,” ujarnya.

Sementara itu Dr. Marjan Miharja SH, MH yang pada kesempatan itu membuka acara menyampaikan bahwa mendidik anak saat ini menjadi tantangan yang berat di tengah gencarnya isu LGBT, transgender, dan juga menikah beda agama. “Maka tugas berat orang tua untuk mengarahkan anak agar tetap dalam kebaikan,” ungkapnya.

Reporter : Mujahid

614 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Jelang Pemilihan, HMJ PAI Unismuh Gelar Debat Kandidat Terbuka Calon Ketua Umum dan Wakil Ketua

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    IMM FAI Unismuh Sukses Lanjutkan Kembali Maritime di Pulau Takalar

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *