BeritaDaerah

Perpustakaan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Semarak Haflatul Maktabah

2 Mins read

SEJUK.ID – Perpustakaan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2023, dengan menggelar serangkaian agenda “Semarak Haflatul Maktabah” di Perpustakaan Prof. Siti Baroroh Baried dan sekitar lingkungan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Acara berlangsung dari tanggal 16 hingga 18 Oktober 2023.

Dalam perayaan ini, Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Unik Rasyidah, M.Pd., menyampaikan pesan penting. Ia menekankan bahwa Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober adalah momen yang mengingatkan pemuda Indonesia untuk selalu menghargai perbedaan dan mendukung persatuan. Ia juga mengingatkan betapa pentingnya tiga bunyi dalam naskah Sumpah Pemuda sebagai komitmen bangsa Indonesia dalam mempersatukan bangsa.

Lebih lanjut, Unik Rasyidah menyoroti peran literasi dalam meningkatkan pengetahuan dan kedewasaan pemuda. Ia mengungkapkan bahwa literasi adalah kunci untuk mencerdaskan anak bangsa, mengingat bahwa pemuda yang memiliki sikap negatif mudah terjajah. Oleh karena itu, perpustakaan memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi anak-anak Mu’allimaat.

Unik Rasyidah juga mencatat bahwa membaca telah dicontohkan sejak zaman Nabi dan memiliki peran besar dalam meningkatkan wawasan dan kebijaksanaan. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, acara Haflatul Maktabah merupakan salah satu karakteristik dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu-isu penting di sekitarnya.

Kepala Perpustakaan Prof. Siti Baroroh Baried, Sumarwoko, S.T., menjelaskan bahwa Haflatul Maktabah tidak hanya berfokus pada membaca, menulis, dan analisis. Makna literasi yang lebih luas adalah bagian dari tujuan acara ini, yang ingin mengajarkan kepada santriwati agar peka terhadap lingkungan sekitar mereka.

Narasumber Seminar Literasi, Ahmad Soleh, juga memberikan pesan tentang pentingnya literasi bagi kaum muda. Ia menekankan bahwa kebiasaan membaca sangat baik dan bahwa santriwati Muallimaat memiliki akses literasi yang luar biasa melalui perpustakaan yang bagus dan nyaman. Ia juga mendorong para santri untuk membiasakan menulis, karena menulis memiliki dampak positif yang signifikan.

Serangkaian kegiatan Haflatul Maktabah meliputi lomba menulis, lomba poster, lomba perpustakaan kelas, lomba storytelling, orasi, presentasi pemecahan masalah, dan puncak acara pada 28 Oktober 2023. Lomba menulis dengan tema “Bullying dan Sampah” diadakan pada 16 Oktober 2023 dengan peserta guru, karyawan, dan peserta didik. Lomba poster dengan tema “Bullying, Sampah, dan gerakan Literasi” diikuti oleh santriwati kelas I-VI dan berlangsung dari 12 hingga 20 Oktober 2023. Lomba perpustakaan kelas dilaksanakan pada 20 Oktober 2023 dengan peserta dari kelas I-VI. Sementara lomba storytelling, orasi, dan presentasi pemecahan masalah juga berlangsung pada 20 Oktober 2023 dengan peserta dari kelas I-VI, yang mengangkat tema “Bullying dan Sampah di Madrasah.”

Puncak acara pada 28 Oktober 2023 melibatkan beragam agenda menarik, termasuk Talkshow Menarik, Pengumuman Hasil Lomba, Pemberian Hadiah, Pameran Perpustakaan, Games seru berhadiah, dan Deklarasi Aksi Literasi, Stop Bullying, dan Peduli Lingkungan.

Serangkaian agenda Haflatul Maktabah ini sukses diselenggarakan atas kerjasama antara Perpustakaan Prof. Siti Baroroh Baried, PR IPM Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, dan seluruh warga Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Acara ini menjadi upaya untuk mendorong literasi dan kepedulian terhadap isu-isu penting dalam masyarakat, sekaligus menghormati semangat Hari Sumpah Pemuda. (*)

Reporter Fathan Faris Saputro

614 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Jelang Pemilihan, HMJ PAI Unismuh Gelar Debat Kandidat Terbuka Calon Ketua Umum dan Wakil Ketua

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    IMM FAI Unismuh Sukses Lanjutkan Kembali Maritime di Pulau Takalar

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *