BeritaDaerah

Penggugur Pahala Puasa: Kajian Menjelang Berbuka Puasa Masjid Al-Ikhlash Campurejo

1 Mins read

SEJUK.ID – Takmir masjid Al-Ikhlash Campurejo Kecamatan Panceng menggelar kajian agama Islam menjelang berbuka puasa, di masjid Al-Ikhlash pada hari Jumat (22/3/2024). Kajian ini dihadiri oleh berbagai jamaah yang antusias untuk mendalami ajaran agama Islam pada bulan suci Ramadan.

Abdul Faliq, M.Pd, selaku ketua takmir masjid Al-Ikhlash Campurejo, menyampaikan bahwa kajian tersebut diisi oleh ustadz Hasanuddin dari Sidoarjo. Dalam sambutannya, Abdul Faliq berharap kajian ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua jamaah yang hadir.

Mengawali kajian, ustadz Hasanuddin menekankan pentingnya memperhatikan dan memperbaiki shof dalam salat berjamaah, sebagai upaya untuk mencapai kesempurnaan dalam ibadah. Selain itu, beliau juga mengajak semua jamaah untuk menjalankan puasa Ramadan dengan sungguh-sungguh, agar tujuan dari disyariatkannya puasa dapat tercapai bersama.

Selanjutnya, beliau menjelaskan tiga hal yang dapat menggugurkan pahala puasa. Pertama, adalah adanya perasaan kebencian kepada orang lain. Kedua, adalah perilaku istri yang tidak taat kepada suaminya. Dan ketiga, adalah pemimpin yang zalim dan tidak dicintai oleh rakyatnya.

Sebagai penutup kajian, ustadz Hasanuddin membagikan pemahaman tentang empat sifat manusia. Pertama, manusia yang tidak memiliki lisan dan hati, yang cenderung berbuat dosa dan pendendam. Kedua, manusia yang memiliki lisan tetapi tidak memiliki hati, yang seringkali berbicara tanpa memperhatikan efek kata-katanya terhadap orang lain.

Sifat manusia yang ketiga adalah mereka yang mengajak orang lain ke jalan Allah namun lalai dalam melaksanakannya sendiri. Dan terakhir, adalah manusia yang memiliki hati yang mulia namun jarang berbicara, terutama dalam melaksanakan kebaikan.

Kajian menjelang berbuka puasa ini diharapkan menjadi momen muhasabah bagi seluruh jamaah, untuk senantiasa memohon ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan tetap istiqomah dalam menjalankan kebaikan sehari-hari. (*)

Reporter Ma’in. Editor Fathan Faris Saputro.

612 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Fakultas Teknik UI dan Smartfren Gelar Technopreneur Spark 2024

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Smartfren Community Meriahkan Ramadan 2024 dengan Program Santri Ngonten 100% Kebaikan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *