BeritaNasional

Pameran Kreatif Pariwisata dan Bisnis di Green Pramuka Square Resmi Dibuka

1 Mins read

SEJUK.ID – Pameran Kreatif Pariwisata dan Bisnis resmi dibuka di Green Pramuka Square, Kamis (1/2/2024). Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) ini akan berlangsung selama empat hari dan diikuti oleh 50 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam Jakpreneur.

Pameran ini mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang serta Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Sukoharjo. Sutarmo, Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Kemenkop-UKM RI, menyampaikan apresiasi terhadap antusias peserta UMKM yang turut serta dalam pameran. Ia juga mengakui kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah yang berpartisipasi.

Dalam sambutannya, Sutarmo berharap pameran ini dapat membuka akses pemasaran dan jejaring bisnis baru bagi peserta. Ia berharap produk UMKM yang dipamerkan dapat terjual dengan kuantitas yang signifikan. “Kementerian Koperasi UKM RI berkomitmen untuk terus mendukung UMKM agar dapat menjadi aktor dan bagian penting dalam dinamika rantai pasok nasional bahkan global,” ujar Sutarmo.

Ketua pelaksana pameran, Afandi, mengungkapkan bahwa ini adalah kegiatan pertama di awal tahun yang akan diikuti oleh serangkaian pameran pemasaran produk unggulan UMKM di berbagai daerah. “Dengan harapan dapat membantu UMKM untuk memasarkan produk unggulannya dan mendorong inovasi produk UMKM yang berkelanjutan, baik inovasi produk maupun inovasi pemasarannya,” tambahnya.

Bonny Suganda, Kepala Bidang Jaringan Pemasaran Usaha Mikro Kemenkop-UKM RI, dalam wawancaranya menyatakan bahwa dukungan kepada pelaku UMKM tidak hanya terbatas pada kegiatan offline seperti bazar dan pameran, tetapi juga melibatkan ekosistem digital. “Harapannya, dengan awal yang baik ini mampu memberikan dampak positif bagi UMKM, menciptakan UMKM yang mandiri, modern, dan produk yang marketable,” ungkap Bonny Suganda.

Salah satu peserta dari Koperasi Wirausaha Kecamatan (KWK) Tebet, Mira, menyampaikan optimisme dalam memasarkan produk home-made-nya di pameran ini. Ia berharap dapat menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan penjualan produknya melalui platform pameran ini. (*)