BeritaDaerah

Muhammadiyah Kabupaten Cirebon Menyuarakan Dukungan bagi Korban Banjir di Cirebon Timur

1 Mins read

SEJUK.ID – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Cirebon, dengan koordinasi Lembaga Infaq, Zakat, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu), telah meluncurkan serangkaian bantuan untuk membantu korban banjir yang terdampak di wilayah Cirebon Timur, Jawa Barat pada hari Sabtu (9/3/2024). Bantuan tersebut disalurkan dalam upaya meringankan beban yang dialami oleh warga yang terkena dampak dari musibah banjir tersebut.

Novan Hardiyanto, Ketua PDM Kabupaten Cirebon, menyatakan dalam sebuah pernyataan, “Kami turut berduka cita atas kondisi para korban banjir di Cirebon Timur. Sebagai bagian dari Muhammadiyah, kami merasa tanggung jawab untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Langkah awal yang diambil oleh Muhammadiyah, dengan bantuan dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), dimulai dengan melakukan penilaian atau assessment. Hal ini dilakukan agar bantuan yang diberikan dapat sesuai dengan kebutuhan yang dihadapi oleh para korban banjir di lapangan.

“Hasil penilaian tim di lapangan menunjukkan bahwa salah satu kebutuhan mendesak adalah pasokan air bersih dan layanan kesehatan. Muhammadiyah telah bergerak melalui Lazismu, dan tenaga medis dari Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC),” ungkap Novan.

Selain itu, bantuan yang diberikan juga mencakup berbagai kebutuhan pokok seperti makanan siap saji seperti empal, rendang, dan bistik. Muhammadiyah berupaya keras untuk memastikan bahwa bantuan tersebut dapat tersalurkan dengan cepat dan tepat kepada para korban banjir.

Novan juga menegaskan pentingnya kerjasama dan solidaritas dalam menghadapi bencana alam. “Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban para korban dan membantu mereka dalam proses pemulihan. Mari kita bersama-sama memberikan dukungan dan kepedulian kepada sesama saudara yang sedang mengalami kesulitan,” tambahnya.

Tak hanya memberikan bantuan langsung kepada korban banjir, Lazismu Kabupaten Cirebon juga terus menggalang dana dan sumbangan lainnya untuk membantu mempercepat proses pemulihan dan rehabilitasi pasca-banjir di Cirebon Timur.

“Mari kita terus bersatu dan bergerak, tidak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih kepada para donatur yang telah berkontribusi dalam menangani bencana banjir di Cirebon Timur. Kami berharap bencana ini segera berlalu,” ujar Mohamad Ranudin, Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Cirebon.

Ranudin juga mengumumkan bahwa kesempatan untuk berdonasi masih terbuka bagi seluruh masyarakat dan lembaga yang ingin memberikan bantuan. Pihaknya menjamin bahwa bantuan yang disalurkan melalui Lazismu akan tepat sasaran. (*)

612 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Fakultas Teknik UI dan Smartfren Gelar Technopreneur Spark 2024

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Smartfren Community Meriahkan Ramadan 2024 dengan Program Santri Ngonten 100% Kebaikan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *