BeritaDaerah

Mahasiswa KKN ITBM Banyuwangi Gelar Seminar UMKM

1 Mins read

SEJUK.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 02 dari Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Banyuwangi telah sukses menggelar Seminar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan tema “Strategi Marketing dan Perizinan Usaha”. Acara berlangsung di Balai Desa Sumberasri pada hari Selasa, (15/8/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa KKN ITBM Banyuwangi di bidang Ekonomi, dengan tujuan utama meningkatkan pengetahuan serta keterampilan pemasaran dan perizinan usaha UMKM di desa Sumberasri. Seminar yang berlangsung dari pukul 08.30 hingga 11.30 ini mendapatkan sambutan yang hangat dari kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pelaku UMKM Sumberasri, dan kepala Desa Sumberasri yang membuka acara.

Muhammat Dwi Kharisma, perwakilan mahasiswa KKN ITBM, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari survei yang mengindikasikan adanya kendala dalam pemasaran produk dan pengurusan legalitas terhadap produk UMKM di desa Sumberasri. “Kami berharap melalui kegiatan seminar ini, para pelaku UMKM dapat meningkatkan pengetahuan mereka seputar pemasaran dan perizinan usaha, sehingga nilai usaha dan penjualan produk semakin meningkat,” ungkapnya.

Acara ini juga menyajikan dua pemateri yang kompeten di bidangnya. Arga Bayramadhan, seorang mahasiswa ITBM Banyuwangi dan pelaku UMKM, menjadi pemateri pertama dengan materi berjudul “Strategi Pemasaran Produk Via Online”. Anika Munawaroh SE ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banyuwangi, menjadi pemateri kedua dengan materi “Industri Rumah Tangga dan Perizinan Usaha”. Ia tidak hanya seorang konsultan, instruktur, dan pendamping UMKM Banyuwangi, tetapi juga memberikan contoh nyata mengenai produk UMKM dan proses legalitas yang terkait.

Pemateri kedua, yang akrab disapa Kaka, memberikan penjelasan yang mendetail mengenai usaha rumahan dan produk UMKM, serta proses legalitas yang diperlukan. Interaksi antara pemateri dan peserta menjadi daya tarik tersendiri dalam acara ini. Kaka memberikan kesempatan kepada peserta untuk berbagi pengalaman mereka dalam pengurusan legalitas produk, memberikan pemahaman yang lebih mendalam.

Sebagai penutup acara, peserta dan narasumber bersama-sama berfoto dan diserahkan sovenir sebagai tanda penghargaan atas partisipasi mereka dalam seminar. Acara tersebut ditutup oleh penandatanganan oleh para peserta sebagai tanda komitmen untuk mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan dalam pengembangan usaha mereka. (*)

Reporter Nur Hidayatun Ni’mah Alfia Nisa’. Editor Fathan Faris Saputro.

585 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Pemilu 2024 Indonesia: Pernyataan dan Ajakan dari Ketua Umum DPP IMM

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    iLamongan Bersinar di Kunjungan Perpustakaan ke SDIT Alfurqan

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Pameran Kreatif Pariwisata dan Bisnis di Green Pramuka Square Resmi Dibuka

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *