BeritaDaerah

Peringati World Rabies, Berikan Hak Kesejahteraan Hewan untuk Bebas dari Rabies

1 Mins read

Sejuk.ID – Memperingati World Rabies (Hari Rabies Sedunia) yang jatuh tanggal 28 September juga World Animal Day (Hari Hewan Sedunia) tanggal 4 Oktober, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan bersama PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) Jatim VI melaksanakan kegiatan vaksinasi rabies, talk show, cat fashion week, cat feeding competition, dan street feeding di Lamongan Plaza, Ahad (6/10/2022).

Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf ketika membuka kegiatan WRAD (World Rabies and Animal Day),  mengatakan bahwa sebagian jenis hewan yang dipelihara manusia memiliki resiko penularan rabies. Pemberian vaksinasi pada hewan peliharaan ini selain memberikan hak kesejahteraan hewan juga untuk sedini mungkin melakukan pencegahan dampak penularan rabies dari hewan kepada manusian.

“Hewan peliharaan ini kan ada sebagian yang bisa menularkan penyakit, termasuk anjing dan kucing yang bisa membawa penyakit rabies. Dilaksanakan vaksinasi rabies ini, setidaknya merupakan ikhtiar untuk dapat menurunkan dampak penularan rabies terhadap manusia, dapat dicegah sedini mungkin sehingga virus rabies tidak sampai menular kepada manusia,” tutur Pak Rouf.

Beliau juga mengungkapkan dukungannya terhadap kegiatan WRAD ini, karena menurutnya dapat memberikan dampak positif bagi makro dan mikro terkait hewan peliharaan di Kabupaten Lamongan. “Ini memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian makro dan mikro. Kita patut mendukung, sebab banyak sekali masyarakat kita yang senang terhadap hewan peliharaan,” tambah Pak Rouf.

Dilaporkan Ketua Panitia WRAD yang juga Ketua PDHI Jatim drh. Malik Choirul Rachman, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan kuota 100 dosis vaksin. Tidak hanya dilaksanakan di Lamongan tapi juga beberapa daerah lain di lingkup Jatim VI seperti Gresik dan Tuban.

“Porsi dosis paling banyak di Lamongan. Lamongan ini personil dokter hewannya paling banyak, praktisi, pet care dan petshopnya banyak. Cukup salut, untuk wilayah VI ini koordinasi paling bagus di wilayah Lamongan,” ungkap drh. Malik.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Moch. Wahyudi mengatakan, bahwa hewan yang bergumul dengan manusia haruslah hewan yang sehat, terhindar dari penyakit zoonosis yang mematikan dan menular kepada manusia seperti penyakit rabies. Beliau mengungkapkan, pada kegiatan tersebut selain dilaksanakan 100 vaksinasi rabies dengan harapan meningkatkan jumlah hewan kesayangan yang tervaksinasi rabies, juga dilaksanakan talkshow untuk sosialisasi dan meningkatkan pemahaman masyarakat akan penyakit zionis dan rabies, lomba fashion kucing dengan kostum menarik, lomba makan untuk kucing, juga kegiatan street feeding untuk mengkampanyekan kesejahteraan hewan.

“Kegiatan ini diikuti selain 100 hewan yang akan divaksin, juga untuk cat fashion ada 35 ekor, lomba makan 30 ekor. Selain diikuti oleh lokal Lamongan juga ada dari Duduksampeyan dan Bojonegoro,” pungkas Wahyudi. (Fathan Faris Saputro)

660 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Kader Hijau Muhammadiyah Tegas Tolak Konsesi Tambang yang Ditawarkan kepada Ormas

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    SMPM 13 Campurejo Rayakan Purna Siswa dengan Garden Party yang Mewah dan Inspiratif

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Inspirasi Tokoh Warnai Wisuda Siswa SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *