BeritaDaerah

Dinas Damkarla Kabupaten Gresik Gelar Training Diklat Pemadam 1

1 Mins read

Sejuk.ID –┬áBelum genap setahun berdiri, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Kabupaten Gresik menjadi dinas yang kehadirannya kerap dinanti-nanti oleh masyarakat. Berbagai keluhan masyarakat mulai dari kebakaran, hingga evakuasi hewan liar berupa ular hingga sarang lebah menjadi makanan sehari-hari Dinas yang berdiri sejak 18 Januari 2022 ini.

Sadar akan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman mendukung penuh diadakannya Training Diklat Pemadam 1 (F1). Menurutnya, tuntutan masyarakat terhadap Damkarla Gresik semakin hari semakin meningkat dan berkembang variannya.

“Sehingga dalam usaha peningkatan pelayanan, selain dibutuhkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana, juga dibutuhkan sumber daya manusia yang handal agar bisa memberikan pelayanan yang cepat, tepat, mudah, dan memuaskan,” ujar Washil.

Sekda Washil juga memberikan apresiasi khusus kepada Kadisdamkarla Gresik Agustin Halomoan Sinaga. Apresiasi ini diberikan lantaran sejak Dinas Damkarla berdiri hingga hari ini, Kadis Sinaga bersama tim berhasil menyelesaikan semua keluhan masyarakat.

“Ini adalah salah satu bentuk nyata dari tugas pemerintah daerah. Tugas tersebut adalah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Pemerintah wajib hadir ketika masyarakat membutuhkan, membantu masyarakat, atau paling tidak memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat,” terang Washil.

Kegiatan Training Diklat Pemadam 1 (F1) ini diadakan sejak 27 November 2022, dan berlangsung hingga 3 Desember 2022. Dari total 60 peserta diklat, beberapa di antaranya berasal dari kabupaten lain. Ada sebanyak 16 orang dari Kabupaten Jombang, 12 peserta dari Kabupaten Malang dan 2 peserta dari Kabupaten Tuban.

“Dari jumlah tersebut, 30 orang peserta berasal dari Kabupaten Gresik. Diharapkan kedepan lewat diklat ini bisa melahirkan individu-individu yang profesional dan penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas, ” terang Kadisdamkarla Gresik Agustin Halomoan Sinaga dalam laporannya.

Diklat hari ini terasa spesial, selain karena diikuti bersama oleh berbagai wilayah diluar Kabupaten Gresik, lantaran juga hadirnya Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri, Edy Suharmanto. Kehadirannya dalam diklat kali ini juga untuk memberikan materi terkait kebijakan Kemendagri dalam SOP urusan kebakaran dan penyelamatan.

“Diklat hari ini sangat berguna bagi pemerintah daerah dan teman-teman yang telah mengabdikan diri dalam Dinas Damkar. Yang pertama tentunya adalah mendapatkan ilmu pengetahuan dan skill sehingga menjadi individu yang profesional. Selain itu, bagi mereka yang lulus diklat juga akan sangat membantu dalam seleksi PPPK bagi pegawai honorer. Ini karena nilai sertifikat diklat ini sebesar 25%,” pungkas Edy. (Fathan Faris Saputro)

335 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Kader PK Al Qosam Analisis Pengelolaan Sampah di Desa Patihan

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    Mahasiswa FAI UM Surabaya Lakukan Analisis Budaya

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Desas Desus Penundaan Pemilu Terus Digaungkan, IMM PKSH Tolak Narasi Penundaan Pemilu

    2 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *