BeritaDaerah

Air Mata Bangga Mengalir Saat SMP Muhammadiyah Cempaka Salatiga Merayakan Wisuda Tahfidz

1 Mins read

Sejuk.IDTetes air mata siswa, guru, dan orang tua tidak terbendung saat acara Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz angkatan pertama di SMP Muhammadiyah Cempaka Salatiga, yang berlangsung di Hotel Grand Wahid pada Sabtu (27/5/2023). Para siswa yang lulus dan menyelesaikan program tahfidz dengan sukses menyampaikan mahkota dan kenang-kenangan kepada orang tua mereka sebagai ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan atas perjalanan pendidikan mereka. Dalam momen yang penuh haru tersebut, para siswa bersujud dan memeluk orang tua mereka sambil melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran.

Muhafidz SMP Muhammadiyah Salatiga, Noferi Dwi Yulianto, S.Pd, merasa bersyukur atas kesuksesan acara Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz tersebut. Ia mengatakan, “Alhamdulillah, acara Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz berjalan lancar. Saya mengucapkan selamat kepada semua anak-anak. Wisuda ini menjadi motivasi bagi mereka untuk terus semangat dalam mempelajari Al-Quran. Proses pembelajaran tidak berhenti di sini, melainkan berlanjut sepanjang hidup. Semoga semangat ini tetap terjaga dalam menjaga Kalamullah.”

Kepala SMP Muhammadiyah, Emy Setyowati, SPd, juga tidak mampu menahan air mata saat memberikan pidato perpisahan. Emy Setyowati mendorong para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ia berkata, “Setelah lulus, jangan merasa puas dengan pengetahuan yang sudah diperoleh. Teruslah belajar ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.” Acara akhirussanah diikuti oleh 62 siswa kelas 9, sedangkan wisuda tahfidz diikuti oleh 18 siswa (12 siswa kelas 9, 4 siswa kelas 8, dan 2 siswa kelas 7).

Setelah keberhasilan dalam program tahfidz pertama ini, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Salatiga, Prof. Dr. H. Saadi MAg, mengganti nama SMP Muhammadiyah Cempaka menjadi SMP Muhammadiyah Tahfidz Salatiga. Langkah ini sebagai bentuk pengakuan atas prestasi siswa dan siswi dalam menghafal Al-Quran. “SMP Muhammadiyah Tahfidz adalah sebutan baru untuk SMP Muhammadiyah Cempaka,” kata Saadi.

“Tahfidz menjadi ikon baru dan kebanggaan SMP Muhammadiyah. Ke depan, kita harus terus berkembang menjadi lebih baik lagi.” Saadi menjelaskan bahwa dalam Islam, kemurnian Al-Quran telah dijaga oleh Allah Swt. dan para penghafal. Bahkan penelitian di Eropa (non-Islam) menyebutkan bahwa naskah Al-Quran yang ada saat ini tidak berbeda dengan saat Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.

Reporter : Fathan Faris Saputro

639 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Siswi SMPM 13 Campurejo Sukses Menjadi Juara Lomba Tahfidz Tingkat Kabupaten Gresik dan Lamongan

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Masjid Al-Hukama dan Al-Birru Raih Juara Inovasi Masjid

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Menuju Era Baru: IPM Gowa Gelar PKMTM II

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *